Mengenal lebih dekat dengan RM. Torani yuk!

12 May 2015

Jadi orang Balikpapan itu harus peka. Harus pintar dan cerdas.

Jadi orang Balikpapan itu harus peka. Harus pintar dan cerdas. Karena Balikpapan itu memiliki potensial dari segi dan aspek apapun. Entah itu tempat wisatanya, kondisi kotanya, kebersihan kotanya, dan tertib serta yang lainnya. Balikpapan merupakan salah satu kota yang paling ingin dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri dan luar negeri. Banyak dari mereka yang kecantol dengan keindahan dan kebersihannya. Sehingga banyak yang bilang kalau orang Balikpapan itu beruntung jika memiliki kota yang jarang ada demonya. Jarang ada kerusuhannya. Dan Alhamdulillah selalu dilindungi oleh Sang Maha Pencipta.

Selain sebagai tujuan wisata, Balikpapan juga terkenal dengan berbagai macam oleh-olehnya. Dari yang berupa souvenir, berupa cinderamata, juga berupa kuliner yang gak kalah bersaing dengan kota-kota besar di Indonesia lainnya. Coba deh kita perhatikan di beberapa pinggir jalanan dari pagi sampai ketemu pagi lagi, ada berapa banyak tempat tongkrongan yang mulai berjamur di kota beriman ini? Dan semua ini yang harus kita syukuri. Bersyukur menjadi warga kota Balikpapan.

Dan, itu gak segitu doang. Kita juga harus tahu apa yang harus dikunjungi oleh tamu dari luar ketika mereka datang ke Balikpapan. Entah itu teman, sodara, rekan bisnis, atau tetangga samping rumah yang punya tamu, gak ada salahnya kalo kita menawarkan jasa atau mungkin sekedar memberi saran tempat yang harus dituju selama mereka di Balikpapan. Hitung-hitung sebagai cara untuk menjadikan kota ini menjadi kota yang bakal dikenang bukan oleh keindahannya doang. Tapi jadi hal baru buat mereka, ya kan.. ^_^

Itulah kenapa saya bilang kalau kita sebagai orang Balikpapan harus pintar. Sebagai penentu masa depan kota sendiri, jangan sampai deh kita kehilangan tempat-tempat yang sebenernya harus kita promosikan. Malah menurut saya, sedikit demi sedikit akan banyak satu dari kita bakalan pergi dari kota ini. Mungkin dalam tuntutan hidup, atau dalam tuntutan pekerjaan. Maka dari itu, yuk dari sekarang kita kenali dulu kota sendiri, sebelum kita kenal dengan kota orang lain.

Mungkin saya gak akan cerita tentang tempat wisata di kota Balikpapan ini. Saya percaya dan yakin, itu mudah diingat dan selalu ada didalam pikiran orang-orang. Siapa sih yang gak tau pantai manggar? Atau penangkaran buaya di teritip? Dan tempat yang sekarang mulai ramai dikunjungi, batu dinding? Sebagian orang pasti sudah tahu. Apalagi tempat belanja dan supermarket yang mulai berjamur di Balikpapan. Kalau dulu Cuma ada Hero Supermarket, sekarang kita lebih banyak tahu kan. Ada Hypermart, Giant Ekstra, Lotte Mart, ada juga Food mart dan banyak lainnya. Ada juga tongkrongan baru bagi orang Balikpapan, namanya Loka. Yah walaupun saya pribadi juga belum pernah masuk ke tempat itu, tapi saya rekomendasiin deh sekalian disini.

Setelah panjang lebar nulis diatas, mungkin saya langsung ke pokoknya aja kali yah. Karena hobby yang turun temurun di keluarga saya, kuliner adalah yang ingin saya bahas disini. Tapi bukan sembarang kuliner doang, bukan jajanan pasar yang ramai di pasar tradisional Balikpapan. Bukan juga jejeran kuliner di lesehan melawai 1 dan melawai 2. Ini lebih ke Resto keluarga. Tapi meski namanya resto, jangan salah nilai dulu. Tempat yang satu ini bukan resto mahal dan mentereng. Semua kelas ekonomi bisa merasakan kuliner yang kebanyakan seafood ini. Nah pilihan saya untuk ulasan kali ini adalah Rumah Makan Torani Balikpapan.

3b4f09eea7bdcecb1589f85b7790b25c_313647_1637642318737_1143768381_n

5ef6f914f1d1bad2cb26ec67d63c5006_dsc05239

Rumah makan yang menjadi favorit kuliner balikpapan ini terletak di jalan Stall Kuda Balikpapan dan pertama kali dibangun sekitaran tahun 2007, lebih tepatnya lagi tanggal 5 April 2007. Berawal dari menunya yang sederhana dan familiar yaitu Bandeng Presto a.k.a Bandeng Tanpa Duri. Di Rumah Makan Torani ini, Teknik yang digunakan bukan di presto tapi lebih menggunakan teknik baru yakni pencabutan duri dan lebih menjamin kandungan gizi dibanding ikan bandeng yang di presto. Bukan hanya itu saja, seiring perkembangan pelanggan yang cukup banyak dan melihat pangsa pasarnya, akhirnya tahun 2009 rumah makan ini merambah ke menu yang terbilang cukup unik dan hanya satu-satunya yang ada di Balikpapan saat itu. Menu Steamboat mulai hadir dilanjutkan dengan menu-menu seafood lainnya seperti cumi-cumi, udang, dan tidak ketinggalan Kepiting yang merupakan menu utama bagi kuliner Balikpapan.

Karena banyaknya menu yang dihadirkan di rumah makan ini, maka saya akan sedikit menjabarkan apa saja yang ada di rumah makan favorit saya ini. Lengkap dengan gambar asli dari handphone saya yang khusus diambil untuk lebih memberikan kepuasan tersendiri bagi para pembaca blog lemontea ini. Untuk sebagian kalangan yang hobby menyantap seafood, Torani sangat rekomended banget. Menurut saya diantara rumah makan yang menyediakan hidangan seafood di Balikpapan ini, Torani menjadi yang paling teratas di pilihan saya dan keluarga. Selain harganya yang terjangkau, rasa dan pengolahannya pun harus diacungi jempol. Dapurnya yang terlihat dari luar sangat memudahkan para pengunjung untuk melihat secara langsung pengolahan masakan yang mereka pesan. Jejeran ikan segar dan seafood lainnya juga cukup memuaskan mata. Banyak pilihan dan beraneka ragam lalapan serta sambal yang beraneka rasa juga menjadi kepuasan tersendiri bagi pengunjung. Dan bagi yang ketagihan untuk nambah nasi, jangan kuatir.. karena torani menyediakan ala prasmanan untuk nasi, lalapan dan sambal beraneka rasanya.

5b81b72e59f7ec6c7c9cd5edfc4b4ec6_2015-03-26-201224

c6283598df8f16423e7323f6eca9f1c6_2015-03-26-201208

Bukan hanya menu dan cara pengolahannya saja yang wajib diacungi jempol. Tatanan kursi dan ruang lesehan serta vip room dan family room juga jarang ditemukan di daerah Balikpapan. Kenyamanan menurut saya pribadi adalah keutamaan untuk merasakan sesuatu. Bekerja saja harus nyaman. Masa untuk makan kita tidak mencari yang nyaman. Dan Torani jadi satu-satunya yang saya rekomendasikan (lagi) untuk kalian para sahabat lemontea. Dan daripada terlalu kita menelan ludah karena sudah kepanjangan baca ulasan saya, maka dari itu yuk kita kenal lebih dekat dengan menu yang ada di Torani.

1. Aneka Hidangan Ikan
Di Rumah makan ini, aneka hidangan ikan ada dua jenis. Ada yang ikan tawar, ada juga yang ikan laut. Harga jualnya pun termasuk ringan di kocek. Dan di rumah makan ini bukan harga seekor yang dihitung tapi harga per-ons-nya. Jadi semakin besar ikan yang kita pilih untuk diolah, semakin besar juga harga yang harus dikeluarkan. Begitu juga sebaliknya. Harga yang ditawarkan untuk ikan air laut seperti halnya Bawal, Kerapu, Trakulu, Kakap dan Baronang adalah Rp. 15.000/ons nya. Dan untuk harga ikan air tawarnya yakni Ikan Mas dan Ikan Nila, dibanderol dengan harga Rp. 12.000/ons nya. Cukup terjangkau bukan??

cd539adf99b43ed2b3c571c7373f958b_ikan-laut-per-ons-12000-torani
Gambar diambil dari web milik Rumah Makan Torani

a2cfbfa8a49ec3d12f814b0e7884d87f_p_20141209_224558
Gambar diambil pake camera Asus Zenfone 6 saya yang sudah R.I.P *hiks

2. Bandeng Tanpa Duri (Boneless Milkfish)
Untuk hidangan ini, yang merupakan menu andalan di RM. Torani semenjak dibuka di Balikpapan harga yang diterapkan sangat beragam. Hal ini tergantung besarnya ukuran ikan bandeng yang kita pesan. Berkisar dari harga 20ribuan hingga 40ribuan, hal ini juga berdasarkan jenis hidangan yang kita inginkan. Ada bandeng bakar, Bandeng Pallumara dan Bandeng Goreng dengan berbagai ukuran mulai dari Small, Medium hingga Large.

35288befe7c71fcf1d6402b609cb7d93_bandeng-tanpa-duri-torani
Gambar diambil dari web milik Rumah Makan Torani

3. Masakan Ayam (Goreng dan Bakar)
Ini menu masakan yang selalu pas di lidahnya orang Indonesia kebanyakan. Ayam goreng dan ayam bakar adalah menu andalan berbagai restoran termasuk Torani. Gak perlu saya jelaskan terlalu panjang lebar, semua pasti tahu makanan yang satu ini. Tapi demi kalian, saya beri ulasan sedikit untuk harga dan menu yang ada di rumah makan ini. Untuk menu ayam di RM. Torani ada berbagai jenis masakan. Ada yang namanya ayam saus, ayam bakar, dan ayam penyet. Harganya juga cukup variatif. Dari sekitaran 18ribu hingga 35ribu seporsi.

4. Cumi (Squid)
Hmm Masakan yang satu ini bisa dibilang enak dan nyammy sangat di lidah. Meskipun saya tidak bisa menikmatinya karena alergi tapi saya jamin bagi pecinta seafood, cumi di RM. Torani saya kasih rekomendasi deh. Kebetulan waktu lagi makan keluarga, kami ada pesan satu porsi Cumi Asam Manis yang akhirnya masih bisa kami bawa pulang karena saking banyaknya. Tapi bukan menu itu saja, ada juga cumi yang digoreng tepung crispy, dan juga cumi bakar. Untuk harganya juga fluktuatif yakni Rp. 18.000/ons nya.

717b9f9afbda177ea02386b1db0836c5_cumi-cumi-torani

1b2bf2fc9d3df8bcbdab7b9ad373eead_2015-03-26-202649
Gambar Cumi Asam Manis yang sudah saya cicipi dan Cumi Goreng Tepung dari Web Torani.

5. Kepiting (Crab)
Kalau urusan makanan kepiting, Balikpapan bisa dibilang jagonya. Beberapa rumah makan khususnya seafood selalu menjagokan menu masakan yang satu ini. Dan khusus di Torani, meski saya juga tidak dapat merasakan keenakannya *dilema alergi. Saya tetap mengacungi jempol untuk menu ini. Untuk jenis Kepiting Telur harga per-ons-nya Rp. 16ribu, untuk Kepiting Super 15ribu/ons nya dan Kepiting Rajungan 10ribu/ons nya. Tapi kita juga bisa pesan untuk satu porsi keluarga, untuk menu ini harga yang ditawarkan 90ribu/porsinya.

041dff305e8688571038b1991ef856f4_kepiting-torani

394a1f40eb40c1899a48e4b7ccbe2b2a_p_20141209_224621

6. Udang (Prawn)
Ketika makan malam keluarga di RM. Torani, kami juga memesan udang goreng tepung yang crispy banget. Untuk harganya juga bervariatif dan terjangkau. Sama dengan masakan seafood lainnya yang ada di Torani, udang ini juga memiliki rasa yang variatif. Ada yang digoreng tepung seperti gambar di blog ini, ada juga yang di kasih saos asam manis dan dibakar. Yang terkenal adalah Udang Tiger (Tiger Shrimp), udang galah (King Prawn) dan udang white (White Shrimp). Harga mulai dari 15ribu per-ons-nya hingga 30ribu.

99724c1c9106eb1b2e68986b683aa9ca_2015-03-26-202655

4307bd593e688df3801a3af4201af49a_p_20141209_224604

7. Masakan Pendamping lainnya (Sayuran, Sup, Tahu dan Tempe, Pepes)
Seperti masakan di restoran lainnya, RM. Torani juga memiliki makanan pendamping yang gak boleh dilupakan juga. Ada Lalapan (Kol, Mentimun, Selada, Kacang Panjang, dkk), juga ada sup yang tersedia kalau-kalau kita mau yang segar-segar (Sayur Asam, Sup Asparagus dan Sup Jagung Kepiting). Makanan Pendamping lainnya yang juga gak kalah enaknya adalah Tahu dan Tempe yang digoreng renyah. Ada juga pepes kepiting yang gak kalah enaknya.

- Pepes Kepiting Cuma Rp. 8000 per porsi.
- Cah Kangkung yang pernah saya pesan, harga perporsinya Rp. 16ribu.
- Tahu dan Tempe goreng renyah juga harganya Cuma Rp. 8ribu perporsi
- Dan untuk sup asparagus dan sup jagung kepiting, kita cukup ngeluarin kocek Rp. 15ribu per porsinya

akhirnya lengkap sudah menu makanan yang tersedia di RM. Torani dan wajib kita coba rasanya. Menu-menu yang saya tampilkan disini juga bisa jadi alternative untuk oleh-oleh khas Balikpapan. Saya tidak memberikan informasi yang cukup karena akan bisa terbit satu buku jika saya lanjutkan (heheee). Jadi bagi kalian yang mau mencoba rasanya dan kenikmatan seafood ini, yuk datang ke RM. Torani Balikpapan yang beralamatkan lengkap di Jl. Jendral Sudirman No. 73 Stall Kuda Balikpapan Telp : 0542 - 761 250. Bagi yang mau kesana tapi takut tempatnya penuh atau mau ngadain acara disana juga bisa dengan Cukup reservasi via phone dan masuk ke webnya di sini.

#menulisblog special untuk #RM_Torani dari saya yang nothing special #Lemontea

Bismillah..


TAGS Kuliner Balikpapan Seafood Kepiting Torani Rumah Makan Torani Oleh-Oleh Balikpapan Lemontea


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post